Kamis, 29 Agustus 2019

Reviu Laboratorium Maya Rumah Belajar (1)

Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juli 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.

URL Login

URL Youtube Reviu Rumah Belajar Laboratorium Maya
http://gg.gg/reviu-rb-stt-tts-hartono-vct-2019



Login
Masuk ke Menu Laboratorium Maya

Definisi Laboratorium Maya
  • Laboratorium adalah tempat atau kamar dan sebagainya tertentu yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan percobaan (penyelidikan dan sebagainya);
  • Maya adalah tampaknya ada, tetapi nyatanya tidak ada; hanya ada dalam angan-angan; khayalan atau terkait komputer merujuk pada fitur atau peranti yang tidak benar-benar ada, disimulasikan oleh komputer dan dapat digunakan oleh pengguna seolah-olah memang ada;
  • Sehingga jika digabung Laboratorium Maya atau Virtual Laboratory (VLab) adalah proses pembelajaran elektronik dengan menggunakan simulasi komputer. Vlab merupakan media yang digunakan untuk membantu memahami suatu pokok bahasan dan dapat mensolusi keterbatasan atau ketiadaan perangkat laboratorium. 

Pemanfaatan Menu Laboratorium Maya oleh Guru

Percobaan atau Eksperimen
Percobaan atau disebut juga eksperimen (dari Bahasa Latin: ex-periri yang berarti menguji coba) adalah suatu set tindakan dan pengamatan, yang dilakukan untuk mengecek atau menyalahkan hipotesis atau mengenali hubungan sebab akibat antara gejala.

Proses Percobaan
Tekanan Hidrostatis adalah tekanan yang diberikan oleh air ke semua arah pada titik ukur manapun akibat adanya gaya gravitasi. Tekanan hidrostatis akan meningkat seiring dengan bertambahnya kedalaman diukur dari permukaan air.

Syarat Laboratorium Maya Ideal
Animasi
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Variasi
Variasi adalah tindakan atau hasil perubahan dari keadaan semula yang diubah-ubah.

Animasi dan Variasi
Proses Variasi Volume Minyak
Perbandingan Kondisi Awal dan Akhir

Kesimpulan


Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Laboratorium diakses 30 Agustus 2019.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/maya diakses 30 Agustus 2019.

https://www.kompasiana.com/darwonogurukita/5a00411d74bbb0191b6ea493/bijak-menggunakan-virtual-laboratory diakses 30 Agustus 2019.

https://belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya/Experiments/virtuallab-hydrostaticpressure/#/ diakses 30 Agustus 2019.


3 komentar: